Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Memilih Kemeja Batik Pria Yang Pas

Cara Memilih Kemeja Batik Pria Yang Pas

Diposting pada 13 November 2018 oleh admin

Cara Memilih Kemeja Batik Pria yang pas untuk segala suasana

Sangatlah penting mengetahui bagaimana cara memilih kemeja batik pria yang akan dikenakan agar saat memakai baju batik akan terasa nyaman dan percaya diri.

Batik adalah salah satu ciri khas warisan kebudayaan Negara kita, bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan tersendiri ketika kita bisa memakai batik buatan asli Indonesia.

Apabila Anda seorang pria modern dan mencintai budaya Indonesia, kami rasa Anda pasti punya minimal 1 baju batik di lemari pakaian Anda. Walaupun 1 baju batik itupun merupakan seragam batik kerja yang diwajibkan oleh perusahaan dimana anda bekerja saat ini.

Batik merupakan suatu identitas bangsa Indonesia yang saat ini mulai kembali ngetrend dan dilestarikan oleh para perancang busana. Terbukti kini banyak anda jumpai pegawai instansi pemerintah atau swasta yang memakai baju batik kantor ketika bekerja. Dahulu para muda mudi enggan memakai batik karena terkesan tua, tidak gaya dan kuno. Namun kini mereka sudah mulai bangga dengan memakai batik produk asli Indonesia.

Ada banyak sekali macam macam motif yang unik dengan warna yang menarik sehingga menjadikan batik Indonesia kini menjadi sangat disenangi. Mulai dari desain untuk kerja kantor yang biasa disebut blouse batik, kemeja batik / hem batik, ada juga yang sekarang ini sedang hit yaitu desain model tunik batik, blazer batik, hingga model gamis batik. Untuk acara kepesta sekarang ini juga banyak sekali desainnya. Demikian juga untuk acara santai yang sering dicari ibu ibu adalah model daster batik. Desainnya terkadang berbeda ditiap daerah di Indonesia. Masing masing memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi motif maupun warna. Sehingga kita sering bingung memilih batik mana yg cocok.

 

Beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan dalam memilih kemeja batik pria yang cocok untuk anda adalah :

  • Menentukan bahan kemeja batik pria

Ada berbagai bahan kain batik yang terdapat di pasaran saat ini. Ada yang mulai harga mahal sampai murah. Yang membedakan adalah kualitas dari bahan kain batik dan cara membatiknya. Bahan kain untuk batik bermacam macam dari kain sutra sampai katun biasa. Kain batik Sutra memiliki harga yang mahal. Yang sering dipakai di pasaran adalah bahan katun. Bahan katun lebih diminati karena harga lebih terjangkau serta nyaman dipakai. Selain bahan kain untuk batik, cara membatik juga bervariasi saat ini, ada yang dengan cara cap, printing, dan tulis. Batik tulis mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan batik lainnya. Hal ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. Tidak selamanya batik tulis berkain sutra dapat membuat anda tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

  • Menentukan ukuran

Setiap orang memiliki postur tubuh yang berbeda. Agar pakaian yang dikenakan bisa pas di badan perhatikan ukur lingkar dada anda. Pilihlah baju yang lingkar dadanya diatas ukuran lingkar dada anda, pilih 2-3cm lebih besar dari ukuran badan anda. Jangan pilih yang sama atau lebih kecil, karena pasti tidak muat / kesempitan. Karena ini akan membuat anda tidak nyaman untuk beraktivitas. Tapi jangan juga pilih yang terlalu besar, akan terlihat tidak sedap dipandang.

  • Bahan kemeja batik pria

Yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat batik, yang terdiri dari bahan kain dan cara membatik. Bahan kain untuk batik beragam dari kain sutra sampai katun biasa. Sutra menjadi pilihan bahan yang berkualitas untuk membuat batik kelas High End. Sutra memang lebih nyaman untuk dipakai tetapi harganya biasaya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan biasa. Selain bahan kain untuk batik, cara membatik-pun bisa menjadikan harga batik yang lebih tinggi, misalnya batik tulis mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan batik lukis. Hal ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. Tidak selamanya batik tulis berkain sutra dapat membuat anda tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

  • Memilih warna kemeja batik pria

Sebenarnya tidak ada acuan yang pas untuk menentukan pilihan warna baju yang akan dipakai. Namun kebanyakan orang orang memilih warna warna gelap / putih atau yang lagi ngetrend istilah monokrom, coklat / abu abu untuk acara formal / resmi. Sedangkan untuk acara santai / semi formal mereka lebih memilih warna lebih terang misal biru terang, hijau yang lebih menyala, merah, pink, kuning dll. Untuk yang berkulit gelap lebih memilih warna yang kalem / soft / tidak terlalu mencolok. Sedangkan yang berkulit putih bisa memilih semua warna. Namun semua itu tergantung selera dan kepercayaan diri juga.

Masalah acara yang akan digelar pagi siang atau malam, warna bisa pilih apa saja seperti hal hal diatas tadi. Ada beberapa perancang yang memberi saran untuk memilih warna yang lebih cerah untuk acara yang digelar di malam hari.

  • Motif / corak batik

Motif batik tiap daerah memiliki ciri khas sendiri. Semua orang boleh memilih dan memiliki baju batik dengan corak yang dimiliki daerah lain. Untuk acara resmi hindari baju batik yang bercorak bercandaan / motif karakter seperti pada baju anak anak.  Pilihlah motif daun, mega mendung, parang, atau motif yang terkesan resmi. Untuk acara santai anda bebas memilih corak apa saja. Pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi.

  • Desain model kemeja batik pria

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju batik, tentukan baju batik ini untuk acara formal, semi formal ataukah casual/santai? Dalam hal ini juga tidak ada patokan khusus batik mana yang harus dipakai untuk acara kasual dan mana yang formal, tetapi umumnya untuk acara formal desain modelnya tidak terlalu ramai cukup yang simple aja, kalaupun ada kombinasi kain lain jangan banyak banyak. Untuk acara formal yang ingin memilih baju batik kombinasi bisa memilih dalam 1 baju terdapat 2 kain batik yang berbeda atau di padukan dengan kain polos. Sedangkan untuk acara santai bisa pilih desain yang macam macam asal masih taraf pantas. Tapi kebanyakan untuk desain model baju batik pria lebih simple dan sederhana baik untuk formal maupun santai, berbeda dengan baju batik wanita.

Desain kemeja batik pria bisa pilih lengan panjang atau pendek. Kebanyakan untuk acara santai pakai lengan pendek. Namun tidak dilarang juga seandainya anda lebih suka memakai lengan panjang. Yang pasti pilihlah desain model yang membuat anda nyaman saat memakainya.

 

Jadi sebelum Anda memakai kemeja batik pria ada baiknya Anda memperhatikan hal hal tersebut diatas. Jangan ragu untuk memakai baju batik karena baju ini cocok untuk segala acara. Corak, motif, warna serta desain model pakaian batik saat ini juga sangat beragam. Dari segi harga juga tidak kalah bersaing dengan baju non batik. Tinggal pilih yang cocok untuk badan dan budget anda saja. Kami www.bajubatikpriawanita.com siap mensupply kebutuhan baju batik anda.

Terima kasih telah membagikan informasi kami via:

Bagikan informasi tentang Cara Memilih Kemeja Batik Pria Yang Pas kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Memilih Kemeja Batik Pria Yang Pas | Jual Baju Batik Pria Wanita

Belum ada komentar untuk Cara Memilih Kemeja Batik Pria Yang Pas

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan